Kamis, 18 Agustus 2016

Mereka Lagi

Assalamu’alaikum. Di hari liburku yang sangat banget terlalu suwung sekali berkali-kali ini aku tetap stay di Jogja. Why? Karena ada kamu, iya kamu! Okay, sebenernya aku ngga punya bahan untuk diceritakan. Sedang tidak ada inspirasi menulis yang cukup signifikan *halah*. Mungkin aku akan bercerita saja tentang sayang-sayangku lagi..ya, lagi. Fyi, ini untuk melengkapi yang ada di video perpisahan tutorial yang kemarin kita buat ya. Yang bosan ga usah di baca wkwk, ga terlalu penting juga :’)

Gimana kesan pertama ketemu Tutorial 16?
Awkward. Ya, itu benar. Aku ngga kenal sama sekali sama satu pun dari mereka. Waktu itu aku liat daftar kelompok tutorial di mading lantai 2 FK. Kebetulan aku bareng sama Aul. Akhirnya dengan awkward juga kita naik tangga bersama menuju lantai 4. Ternyata ruangannya masih cukup sepi. Hanya ada seorang laki-laki yang berpeci sibuk memperhatikan CCTV, what’s wrong? Aku menempelkan musculus gluteus maximus-ku di salah satu kursi, sementara Aul duduk di tepat di sebelahku. “Hai, namamu siapa?” tanyaku sok kenal dan sok asik banget. “Iman” dia menjawabnya. “Kamu?” “Fany” jawabku singkat. Fyi, kalo Kemal, Hafidz, dan Yevy baca ini sepertinya aku bakal dibully sampai tetes keringat yang terakhir.
Tak lama kemudian masuk 3 anggota baru lainnya. Ini juga kali pertama bagiku melihat mereka. “Hai, namamu siapa?” tanyaku sok asik lagi. “Syifa. Kamu mungkin nggak inget aku, tapi aku inget kamu” katanya. “Lah, anak ini so sweet banget bisa inget aku. Padahal aku aja ngga pernah ketemu dia sebelumnya” batinku. Aku mengernyitkan dahi. “Oh! Aku inget. Pas ONDI kita sekelas ya?” ternyata ingatanku masih cukup bagus. Ternyata waktu menunjukkan pukul 10. Tak lama kemudian ruangan sudah cukup terisi 10 orang anggota sah dari Tutorial 16. “EW, ada ketua angkatan” batinku. Ternyata semuanya juga membatin hal yang sama.
Kesan pertama liat Hafidz? “Kayaknya anaknya nggak asik”
Kesan pertama liat Syihab? “Sepertinya pendiam”
Kesan pertama liat Zahra? “Bisa diajak temenan deket nggak ya?” (?)
Kesan pertama liat Aul? “Kok kaku banget”
Kesan pertama liat Syifa? “Jalani aja dulu lah, siapa tau bisa akrab”
Kesan pertama liat Iman? “Kayaknya dia yang bakal banyak ngomong dan jadi ketua tutorial”
Kesan pertama liat Tina dan Yevy? “Kenapa mereka barengan terus sih, ngga mau membaur sama yang lain”
Kesan pertama liat Kemal? “EW. ADA KETUA ANGKATAN. Kayaknya dia pendiam, serius amat”

Apa pengalaman yang paling ngga bisa dilupain?
            Semua momen bersama kalian itu berharga. Setiap bully yang selalu ku terima dari kalian juga memorable sekali. Tapi, aku inget satu momen waktu kita masih blok 1.1 skenario 3 tentang sel. Waktu itu Iman bertanya tentang apa hubungan dari kulit yang mengkerut dengan peristiwa osmosis? Zahra yang saat itu menjadi ketua diskusi skenario 3 menanggapi, “Iman....kenapa kamu nanya kayak gitu?” dengan raut wajah sedikit sedih dan sebal. Dokter Evy memandang Zahra dengan tatapan penuh tanya. Kita semua pun begitu. Semua mata tertuju pada Zahra. Cie, Zahra jadi Miss World sekarang. Menyadari ada salah paham diantara kami, Zahra akhirnya angkat bicara, “Eh maksudku itu, apa dasar kamu nanya kayak gitu?”.........
            AHA! Sama momen saat Syifa dan Zahra ditilang gara-gara salah masuk ke jalur roda 4 waktu kita mau jalan-jalan cantik ke Ratu Boko. Ya, itu ceritanya Syifa khilaf. “Syif, salah jalur” kataku. “Oh salah ya...” entah apa yang merasuki encephalon kami sehingga kami tidak berinisiatif memutar balik. “Zah, ngapain kamu ngikutin kita?” Syifa melirik Zahra dari spion motornya. Sementara Kemal dan Hafidz yang sedang boncengan berada di jalur sebelah kami. “Kalian ngapain disitu?” kami berempat mulai panik. Apesnya kami akhirnya tiba di lampu merah. Ada bapak polisi disana. You can guess what happened next. Kemal sudah ribut mengingatkan “Pilih sidang aja! Jangan bayar ditempat!” Yevy menunjukkan chat tersebut ke Zahra dan Syifa.
            Momennya terlalu banyak, gaes.

Paling suka waktu Tutorial 16 ngapain?
            Main! Ngumpul-ngumpul sekedar ngerjain sesuatu bareng. Nggosip. Cerita horor.

Pernah ngga ngerasa sebel sama Tutorial 16?
          Pernah. Kalau lagi diajakin ngumpul susah banget sampe lelah hati ini dan kering air mata ini.

Ceritakan secara singkat masing-masing dari Tutorial 16!
Hafidz! Ternyata dia asek banget coy, gawl gawl koplak getoh. Suka bercanda. Suka mencari ukhti sholihah. Sohib Kemal ngepes. Anaknya baik banget. Bersedia membantu teman yang sedang dalam kesusahan. Islami. Awal-awal jarang banget muncul di grup tutorial, mungkin ngerasa belum terlalu deket dan nyambung sama kita-kita. Tapi dia suka jahatin aku, dia dan Kemal suka membullyku. Eh! Kita bertiga sempet bikin poster publik baper waktu itu, “JAGA HATIMU DENGAN CINTAKU” (efek samping kita semua jomblo yang sedang dalam penantian)
Syihab! My dedek emesh emesh emesh sekali. Ternyata benar dia pendiam. Syihab ganteng banget kalo pas nyetir hahaha. Dia rela berkorban demi tutorial 16. Dia selalu manut apapun yang terjadi. Walaupun kita, khususnya yang cewek-cewek suka norak kalau ada dia, tetapi dia hanya melempar senyum dan stay cool. OPPA GANGNAM STYLE! (?)
Zahra! Adalah uminya tutorial 16. Dia yang paling bisa menengahi kalau kami sedang tidak karuan. Dia yang selalu ngingetin aku, “Fany, makanannya kenapa nggak dihabisin?” “Kenyang, Za. Kan kita harus berhenti makan sebelum kenyang hehe” “Tapi lebih diutamakan dihabiskan...” kata Zahra. Zahra juga suka ngingetin aku saat aku, “Kamu nggak ikut tarawih disini aja, Fan?” (habis acara Humerus Day). “Mager. Nanti aja ah aku sholat di kost.” “Sholat disini aja, jamaah lho, pahalanya gede.” ß FIX INI KAYAK MAMAKU BANGET.
Aul! Ichantikku! Yang kalem banget, tapi dia koplak parah sebenernya. Yang selalu kusuruh ngajakin aku buat ikutan KORMA sama KISMIS. Fyi, dia selalu bales line lama. Tapi dia setia menemaniku mengganti ban motor yang bocor hahaha. Dia juga yang dulu menyaksikan aku sliding pake motor Syifa secara live! Ekslusif! Aku, Aul, Ifa, sama Nisa punya geng. Namanya geng hape cupu. HAHAHA. Hape yang lain bisa buat selfie, hape kita enggak. “Masih jaman ya foto pake kamera belakang?” krik...
Syifaul! Awal-awal dulu dia suka pergi meninggalkan kami. Entahlah aku tak tau sebabnya, ketika kami sedang jalan bersama berenam menuju GKU dan asik berceloteh, “Lho, Syifa mana?” “Tadi bukannya sama kita ya?” lalu semuanya menjadi misteri. Dia yang suka ngevideoin kita. Kata-katanya landep kata Kemal. She is kind of independent strong woman. Cuek bebek. Cuek angsa. Cuek menthog sekalian. Aku tau kok sebenarnya kamu sayang sama.....kita. Hahaha. Oiya! Paling selow banget, hapenya pernah kelindes mobil dan masih selamat walaupun layarnya petjah. Dia ngeboncengin aku PP waktu kita trip ke Ratu Boko. Maafkan aku membuatmu lelah L
Iman! Yak, sesuai namanya dia sangat ber-Iman inshaAllah. Maka tak heran apabila dia diusung menjadi ketua tutorial walaupun sering slow respond hahaha. Tampaknya Iman merasakan kalau ada dualisme kepemimpinan di tutorial kami, hahaha. Kalau Syihab adalah dedek emesh, Iman adalah kakak tua. Dia yang paling ngerti IT diantara semuanya. Iman selalu gelisah kalo udah denger adzan dan gatel pengen cepet-cepet ke masjid untuk shoat. MasyaAllah. Entah kenapa gengs-gengs ini suka nge-cie-in Iman sama aku. Ah! Aku inget, ini gara-gara Iman pernah bilang kalo aku mirip ibuknya. Jangan bikin gosip yang engga-engga, gaes.
Tina! *huuuh istirahat bentar ya, lelah juga ngetik* *udah mau halaman ke-6, amazing* *mulai lapar lagi* Okay, cewek satu ini adalah yang paaaaaling ngerti fashion dibandingkan kita. Kalau foto selalu bagus, ga pernah jelek!  Sampai Aul selalu minta diajarin gaya yang bagus buat foto ke Tina. Dia ditinggal nikah sama mantannya hiks, wkwkwk. Mantan sudah ke pelaminan kamu masih sendirin? *plak* Oiya, dia ketularan cacar habis Kemal cacar. Entah mengapa waktu blok 1.5 jadi nggak fullteam kalau tutorial. Minggu pertama Kemal cacar, minggu kedua Tina cacar, minggu ketiga aku ke Jekardah. Tina suka bilang “Whuaaaat?” “Sumpeeeeeh” dengan ekspresi khasnya.
Yevy! The one who taught me to put the red lipstick on! Hahaha! Jalan-jalan bakal sepi kalau ngga ada Yevy, kok bisa? Karena hape dia yang selalu jadi kamera digital tutorial kita. Waktu itu lagi rekaman video buat kenangan terakhir kita. “Yev, memorinya penuh, coba dihapus dulu videonya” lalu kita melihat ke dalam list video yang ada di hape Yevy. “Hapus ya ini?” “Jangaaan! Yang tutorial 16 jangaaan!” kami menanti Yevy menscroll dengan sabarnya. “Mana sud yang dihapus? Ini video kalian semua” *hening panjang* Btw, iya jalan-jalan sepi kalau ngga ada Yevy. Dia yang paling berisik. Jiwa petualangnya tinggi. Amor sejati. Anak saman yang kalo jam terbangnya lagi tinggi membuat Hafidz “Yep, aku mau dikemanakan?” WKWKWK. Paling tau tempat main dan makan yang sip.
Kemal! *Alhamdulillah sampailah kita kepada penghujung acara ini* Ketua angkatan kesayangan Azathra. Sabar banget. Baik banget. Tenang, nggak grusa grusu kayak aku. Kalo aku udah panik dia suka bilang, “Sante toh, Fan. Santee.” Suka menolong dan tidak sombong. Pekewuhan. Nyebelin. Suka PHP. Susah move on. Kadang susah ditebak. Kalau kemal udah muali keliatan serius, aku agak takut, dia menyeramkan, lebih baik aku diam... “Kemal itu tidak suka mengungkapkan isi hatinya, makanya dia jomblo” kata Hafidz. Paling tinggi. Suka ngebully aku pendek. Pakarnya kalo nanya film dia tau banyak. Dia suka nonton Jewel In The Palace juga ternyata. Tipikal anak yang berbakti pada kedua orang tua, agama, dan bangsa. Kakak yang perhatian buat Khanza.
           

Apa pesan untuk Tutorial 16?
-      Jangan pernah lelah belajar, geng. Ingat kita ini pelajar seumur hidup. Belajarlah sampe ke akar-akarnya, puaskan hasrat ingin tahumu, jangan dipendam kayak perasaan. Nanti jadinya baper.
-      Carilah jodoh dari mulai yang terdekat dulu *apaan sih ini*. Jodoh itu cerminan diri kita, jangan lupa buat terus memperbaiki diri seraya membuka hati dan pintu rumah siapa tau ada yang mau khitbah.
-      Kita bakal tumbuh dan berkembang dengan encephalon kita masing-masing. Kita mungkin bakal punya pemahaman dan sudut pandang yang berbeda untuk beberapa hal, tapi janganlah itu jadi penghalang untuk tetap menjalin dan menjaga silaturahmi.
-      Jangan lupa bersyukur, jangan lupa sholat, jangan lupa menabung, jangan lupa belajar! Jangan lupa...in aku ya L

Alhamdulillah, selesai.

“There are some people in your life that make you laugh a little louder, smile a little bigger, and live just a little better”
Kalian lebih dari itu, gais.

            


Tidak ada komentar:

Posting Komentar