Selasa, 31 Desember 2013

Akhirnya Kelas XI



Nggak kerasa waktu berlalu begitu cepatnya. Mungkin kebanyakan orang akan bilang begitu. Sekarang aku sudah kelas XI dan Alhamdulillah masuk jurusan yang diinginkan, IPA. Awal-awal masuk IPA kaget banget sekelas cuman 30 orang, tapi ternyata itu karena ada beberapa anak yang pindah jurusan. Waktu belajar efektif, satu kelas diisi 40 orang. Masuk IPA itu seneng sekali dan serem. Buku belum dijual di koprasi dan kita harus puas dengan buku yang dipinjam dari perpustakaan. Fisika, ya fisika yang selalu menghantuiku sejak SMP. Lebay bet ya bahasanya hahaha. Fisika bab 1 adalah vektor, sumpah aku ngga ngerti vektor sama sekali. Di kelas X pernah diajarkan tapi aku ngga mudeng. Pasrah aja deh. Awal ketemu sama guru fisika, bapaknya bilang kalau hanya ada 2 nilai, kalau ngga 0 ya 100. Membuat suasana masuk IPA yang bahagia menjadi tegang. Krik. Belum apa-apa para penghuni XI IPA 1 tangannya udah keringet dingin.
 
Menjalani masa-masa menjadi siswa kelas XI IPA bukan perkara gampang. Mungkin beberapa orang ogah masuk IPA karena tidak suka hitungan. Dan bener, di IPA hampir semuanya hitungan kecuali Biologi. Biologi walaupun hapalan nggak bisa asal ngapal kayak ilmu sosial yang dulu sempat aku pelajari waktu kelas X. Ngapalnya juga harus pake logika dan analisa, kenapa bisa begini dan begitu. Jujur dulu waktu aku kelas X, aku ga berminat sama pelajaran Biologi karena ngebahasnya tumbuhan sama hewan. Ada bakteri, jamur, dan lain-lain. Aku suka Biologi yang mempelajari tentang manusia. Tapi mulai kelas XI ini harus bener-bener lah belajar Biologi. Untuk menggapai cita-cita juga mau jadi dokter, Aamiin! Semoga saat aku buka postingan ini, aku sudah menjadi dokter.

Disamping pelajaran yang terbilang makin berat, banyak juga PR yang diberikan. Sampe seolah-olah ngga bisa napas dari PR-PR ini semua *nangis*. Dulu waktu kelas X masih bisa leha-leha pas weekend, sekarang boro-boro. Ngerjain PR seabrek pas weekend. Kembalikan weekend beneran sayaaaaaa. Semua tugas seolah diteter biar cepet selesai. Belum lagi ulangan yang numpuk. Tiap bangun pagi badanku pegel-pegel banget saking capeknya. Padahal waktu kelas X hampir ga pernah saat bangun pagi ngerasa masih capek dan ngantuk badai.

Terus ngga enaknya kalo sering ngga masuk itu ketinggalan banyak. Ntar udah ngga nyambung mau belajar apa ini.
Di sini kita juga dituntut buat serius dan mulai berpikir jurusan apa yang nantinya kita ambil saat kuliah. Kita juga kudu mempertahankan nilai buat masuk jalur undangan ke jurusan dan PTN yang diinginkan. Yaa intinya kita dituntut semakin dewasa dalam berpikir dan bertindak.

Apa lagi ya yang mau diceritain…
Aku seneng sama XI IPA 1 ini pokoknya. Anaknya asik dan pinter. Ga brutal. Dan memang berjiwa IPA hehehe. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar