Jumat, 29 Agustus 2014

Tips Belajar Bahasa Inggris

Ada yang merasa kesulitan belajar bahasa Inggris? Selalu ada. Dan apakah akan kita biarkan itu terus menjadi sulit? Jangan. Kali ini aku mau share tips-tips belajar bahasa Inggris ala diriku sendiri dari mulai SD sampe di tahun terakhir SMAku ini.

1.   Sukai bahasa Inggris
Hal paling mendasar dari mempelajari sesuatu adalah mau ngga mau kita harus suka dengan sesuatu itu. Kalau kita suka kita pasti akan melakukan hal apapun untuk bisa menguasainya. Yakan? Okay.

2.   Tanamkan di pikiran “Bahasa Inggris itu mudah”
Nah atur mindset kita, jangan awal-awal sudah menanamkan kalo bahasa Inggris itu susah. Nanti jadi susah beneran.

3.   Belajar dari yang mudah
Sama prinsipnya seperti mengerjakan soal: kerjakan dari yang mudah dulu. Misalnya dari percakapan sehari-hari, “How are you?” “What’s up?” “What’s going on?” “See you next time”

4.   Cari sesuatu yang kamu sukai yang berhubungan dengan Bahasa Inggris
Kalau belajar dikaitkan dengan sesuatu yang kita suka, insyaAllah makin terasa mudah dan ringan. Contohnya: dulu aku termotivasi belajar bahasa Inggris sejak pertama kali nonton video klip Westlife – I Have A Dream. Keinginan makin kuat saat mereka mau konser disini dan ada kompetisi meet and greet. Aku minta ajarin banyak tentang bahasa Inggris sama temen-temen di sekolah. Malu kan seandainya meet and greet tapi ngga bisa ngomong apa-apa.

5.   Paksa
Adakalanya kita harus paksa diri kita. Paksa gimana nih maksudnya? Pengen bisa bahasa Inggris kan? Untuk itu harus apa? Belajar. Dulu pas SMP aku masuk RSBI dengan bahasa Inggris yang super pas-pasan. Dan aku gagal ulangan harian fisika 2 kali (setelah 2 kali bapaknya nggak ngasih remedial lagi) hanya karena aku ngga ngerti arti soalnya yang dibikin dalam bahasa Inggris. Sedih kan ya? Akhirnya lama kelamaan aku berpikir, kalo gini terus aku remedial terus dong? Dan aku pun mulai belajar bahasa Inggris. Entah kalau liat buku sambil buka kamus dan dengan cara-cara lain. Aku memaksa diriku biar bisa.

6.   Temukan cara yang menyenangkan
Yap! Misalnya dengan mendengarkan lagu dari penyanyi favorit kita. Iseng-iseng dengerin liriknya dan lama-lama nanti kepo, “lagu ini sebenernya tentang apa sih?” lalu kita akan googling liriknya. Pas kita googling liriknya, kita akan tambah kepo lagi sama arti beberapa kata yang belum kita tau. Nah dari sini bisa jadi salah satu cara menyenangkan menambah vocabulary.

7.   Latihan pronounciation
Ngeliat orang british ngomong keren ya? Lama-lama aku pengen niruin. Tapi apa daya lidah asli Indonesia hehe. Tapi bukan berarti nggak bisa. Nah ini berhubungan sama nomor 6, ketika dengerin lagu coba kita nyanyiin ulang. Kita tirukan cara penyanyi itu mengucapkan kata per kata. Disisi lain kita juga bisa mencoba nonton film dan liat dialek mereka. Sesekali berlatihlah ngomong dengan diri sendiri di depan kaca. Tapi jangan ngomong sendiri di depan umum ya.

8.   Grammar
Mungkin sebagian orang berpendapat grammar itu nggak penting. Bukan nggak penting, grammar itu penting juga buat tes. Dan kalau kita menguasai grammar kan malah makin keren tuh bahasa Inggris kita, udah logat british + grammar mantab = … ? cara belajar grammar nggak perlu muluk-muluk menghapalkan rumus. Banyak baca artikel aja. Sebelumnya beli buku saku kecil yang isinya tenses dan grammar. Baca-baca kalau ada waktu luang. Nah saat kita baca artikel kita akan sedikit-sedikit terbesit terapan grammar yang tadi kita baca di kalimat artikel tersebut.

Sekian tipsnya. Semoga membantu. SEMANGAT!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar